Penyebab Kerusakan ECU
Sebenarnya ECU telah didesain oleh pabrikan sebagai komponen yang rigid (kuat,tahan terhadap beberapa kemungkinan, misalnya tahan terhadap goncangan, toleransi terhadap perubahan tegangan/arus). Namun tetap saja tidak bisa menjamin akan keawetan ECU tersebut. Secara umum penyebab kerusakan ECU dibagi dua yakni, kerusakan dari dalam sistem EFI itu sendiri dan kerusakan dari luar sistem.
Kerusakan dari dalam sistem sendiri
- Kualitas komponen dari ecu tersebut, walaupun kemungkinannya kecil, namun untuk ECU pada mobil yang telah berumur lebih dari 10tahun, hal ini bisa terjadi terutama pada komponen kapasitor,dan resistor.
- Perlakuan penanganan/service yang tidak sesuai standar pabrikan, hal ini biasa terjadi pada bengkel yang kurang berpengalaman menangani mobil EFI. Mereka asal-asalan mencabut ACCU batere, sehingga bisa menyebabkan over voltage atau over current(walaupun hanya sejenak).
- Penambahan assesori kendaraan yang asal-asalan. Penambahan asesoris kendaraan misalnya lampu, power amplifier dan lain-lain yang tidak benar akan membuat supply tegangan dan arus pada ECU akan berkurang, sehingga fungsi ECU akan terganggu.
- Bagian sensor atau actuator yang rusak(korslet ke ground atau +12V) namun tidak segera di perbaiki juga bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.
- Penggantian sensor yang tidak sesuai karakteristiknya dengan yang asli.
- Pemasangan piggyback (alat untuk manipulasi sensor) yang tidak benar.
Kerusakan dari luar sistem
- ECU rusak karena benturan yang keras
- Terendam air, bisa karena dicuci ataupun banjir
- Mobil berada dilingkungan yang ekstrem, misalnya lingkungan dengan kelembaban yang tinggi, atau udara yang mengandung garam.
- Mobil berada dilingkungan yang tingkat radiasi gelombang electromagnetic yang tinggi. Karena ECU terdiri dari rangkaian diskrit (IC), maka komponen ini sangat peka terhadap electromagnetic. Contohnya adalah imbas dari loncatan petir, misalnya mobil diparkir didekat pohon yang tersambar petir, kemungkinan besar loncatan medan electromagnetic akan merusak ECU.
Bagus, apakah melayani perbaikan ECU dan bagaimana prosedurnya? Yok, kerja sama dengan www.bengkelgratis.com
BalasHapusmohon maaf, ikut gabung, saya faisal. perlu info atau saran, mobil saya innova g 2005. akhir-akhir ini mobil saya ngadat, ngga mau di gas, setelah saya copot seluruh sekering di sampaing accu(battery) saya pasang kembali gas fungsi kembali dan ini sdh terjadi 2 kali kira kira apa yang harus saya lakukan?
BalasHapusitu tanda2 menapouse pak,istri saya juga jarang mau digas. bapak periksan kedokter terdekat.ada hormon yg mencegah istri tidak mau di gas.terimakasih
BalasHapusMAAF MHN SARAN SAYA GNT AKI MBL HND JEZZ THN 2009 SETELAH GANTI AKI LAMP ENGINE NYALA TERUS DAN MESIN GAK MAU DI GAS
BalasHapustanya harga ECU toyota corona saloon 2000cc, k/l berapa yaa..
BalasHapusAda yg bs service ecu motor tdk...
BalasHapusAda motor ny jenis apa
HapusMohon info ecu bisa rusak karena petir ndak, karna siang itu ujan n petir, pas malamnya sy nyalakan mobil sy g bisa starter n tdk ada api d busi.
BalasHapuscek ckp sensor nya
Hapusmohon pencerahan ecu saya mati gara" nyobain koil yg bukan bawaan motor, entah kuil apa,
BalasHapuslistrik hidup tapi mesin gk bisa nyala
mohon pencerahan ecu saya mati gara" nyobain koil yg bukan bawaan motor, entah kuil apa,
BalasHapuslistrik hidup tapi mesin gk bisa nyala
Mohon bantuanya bos koil saya mati di nmor 3dan4 tpi setelah sya coba pindahkan k nmor 1dan2 teryata bagus dan sebalik nya saya pindah yg bagus di nmor 1dan2 k 3dan4 ternyata g kluar percikan api.,itu penyebab dan salah nya dmna ya bosku.,mobil saya grand livina 2008 metic.mohon bantuanya bosku🙏🙏
BalasHapusberarti permasalahannya sistem electronic pengapian no 3 & 4 bermasalah.
Hapusposible cause nya
-harness/connector bermasalah
-ECM bermasalah
Selamat siang
BalasHapusMohon infonya
Apa ecu honda vario tekno 150 cc, bisa di perbaiki, punyak saya ada 2 buah ecu yg rusak.untuk kelanjutan ini no hp saya
085275758517 raudiyas
Posisi ecu dmna yaa gan?
BalasHapusMobil x over pincang nyalanya...busi nomor 3 mati..coil SDH di bolak2 balik tapi tetep busi nmr 3 ngadat..jadi nyala mesin pincang terus..boleh tau om penyebabnya...terima kasih
BalasHapusMohon info nya apa kendala motor vario125 mati total kelistrikan sama mesin ga bisa hidup
BalasHapusMohon info nya apa kendala motor vario125 mati total kelistrikan sama mesin ga bisa hidup
BalasHapusdimna tempat service ecu vario 125 esp
BalasHapusBerapa ya kira" servis ecu vario 125 dan dmn tempat servis nya
BalasHapusMbl saya rusak ecu hyundai i10 baru jakarta
BalasHapusWaktu dibuka ktnya sdh hangus tembus lapis, adakah yg bs servis, atau beli copotan?