Contoh Kasus kerusakan ECU

Sebelum melakukan perbaikan, lakukan dulu prosedur standar perbaikan, kemudian cek koneksi soket ECU.
ECU mati, tidak bekerja sama sekali
  • Lampu MIL/Check engine mati. Periksa Main Relay,Fuse. Pastikan ECU mendapatkan tegangan +12V dan Ground dengan baik. Periksa apakah tiap-tiap IC/khususnya mikrokontroler mendapatkan tegangan +5V, jika tidak periksa blok IC regulator 5V. Pastikan setiap IC mendapatkan supply tegangan yang sesuai, biasanya 5VDC. Lakukan solder ulang pada kaki-kaki IC.
  • Lampu MIL nyala, injector tidak nyala. Periksa bagian blok injector dan Igniter apakah ada sinyal(input/output)?,jika tidak telusuri jalurnya sampai menemukan sinyal tersebut.
Salah satu atau semua injector mati
Periksa blok rangkaian injector, cek apakah sinyal input pada IC driver injectornya ada, jika ada kemungkinan IC injectornya rusak, jika tidak, telusuri jalur sinyal tersebut hingga mendapatkan sinyal yang hilang itu. Igniter/pengapian tidak ada Periksa rangkaian blok driver Igniter, cek sinyal inputnya, jika ada maka kemungkinan rusak pada IC/Transistor Driver Igniternya. Setiap jenis/merk ECU mempunyai karakteristik dan kesulitan yang berbeda-beda. Secara umum kerusakan dapat di golongkan menjadi 3 jenis, seperti contoh kasus diatas.

31 komentar untuk "Contoh Kasus kerusakan ECU"

  1. Mobil sy picanto 2005, pas jln sering mobil mati disertai lampu check engine nyala, dibawa ke dealer KIA tidak bs terdeteksi, skarang lampu check engine mati total wktu kunci di on dan tidak bs distarter, sbelum mati total awalnya sering berkedip2 lmpu check engine-nya, apkh ECU nya yg rusak? Mohon pencerahan, mksh boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf mobil saya juga sama troublenya seperti bapak taufik, itu bapak taufik kenak apanya ya kalau boleh tau ?

      Hapus
  2. Mhn masukan nya juga boss,, indikator check engine mbl saya tidak menyala ketika pertama kali kunci di putar on tetapi mobil hidup normal seperti biasa, apakah ECU rusak? Mhn bantuan nya ya boss.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di bagian ecu yg rusak atau terkena virus, bisa juga di perangkat lainnya yang mengacu ke ecu .. untuk konsul bisa lewat WA saja di 081221941119

      Hapus
    2. bisa di bagian ecu yg rusak atau terkena virus, bisa juga di perangkat lainnya yang mengacu ke ecu .. untuk konsul bisa lewat WA saja di 081221941119

      Hapus
  3. Mhn masukan nya juga boss,, indikator check engine mbl saya tidak menyala ketika pertama kali kunci di putar on tetapi mobil hidup normal seperti biasa, apakah ECU rusak? Mhn bantuan nya ya boss.
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Mobil saya cek engine nda nyala..mobil ttp bsa nyala normal.tetapi mobil sgt boros dan berasap hitan.kalo jalan pelan sering ndut2 an.tenaga jg loyo..
    Saya lepas sensor2.mobil tetap menyala biasa..apakah ecu sya brmasalah?dbagian mana?terima kasih

    BalasHapus
  5. Mobil saya cek engine nda nyala..mobil ttp bsa nyala normal.tetapi mobil sgt boros dan berasap hitan.kalo jalan pelan sering ndut2 an.tenaga jg loyo..
    Saya lepas sensor2.mobil tetap menyala biasa..apakah ecu sya brmasalah?dbagian mana?terima kasih

    BalasHapus
  6. Mobil saya cek engine nda nyala..mobil ttp bsa nyala normal.tetapi mobil sgt boros dan berasap hitan.kalo jalan pelan sering ndut2 an.tenaga jg loyo..
    Saya lepas sensor2.mobil tetap menyala biasa..apakah ecu sya brmasalah?dbagian mana?terima kasih

    BalasHapus
  7. Mobil saya lancer cb4 (evo 3) pas jalan tiba" mesin mati trus pas mau starter mobil tidak mau bunyi dan check engine mati,,,

    Penyebab nya apa ya mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. Mobil xenia 2006 lampu indikator baterai ,rem tangan, rpm,teperatur,indikator bbm mati...baru 2 hari ini mohon saran dan masukannya bos

    BalasHapus
  9. Mobil honda civic genio saya mati pada fuel pump bensin.chek engine.power untuk radiator dan pengapian kira kira apa nya ya boss.mohon bantuan nya

    BalasHapus
  10. mobil saya honda jazz idsi 2004, lampu MIL nya tidak hidup saat kontak on, tetapi disaat dicoba starter muncul lampu itu redup tapi engine tidak nyala. mohon petunjuk bosss

    BalasHapus
  11. Mobil saya kijang kapsul efi tahun 2002 kendala nya ga mau hidup terus lampu indikator efi mati tapi sikring nya bagus

    BalasHapus
  12. Mobil saya avanza G 2012. Lampu enjine tdk nyala tapi distater bisa hanya ga mau hidup mesin. Sudah cek sekring ga ada putus malah ganti pompa bensin sama saja tdk fungsi padahal pomp baru. Tolong dibantu pak bos

    BalasHapus
  13. Mobil saya avanza 2007 lampu check engine tdk nyala juga lmp akinya waktu kunci posisi on, distater mau tp mesin tdk hidup. Trmksih info jawabannya

    BalasHapus
  14. Mau shering bos,mobil saya hyundai excel thn 2001,cex enggine.y tidak mnyala dan mobil jg nggak bisa hidup,tp sudah cex sekring2 normal semua,pengapian dan fulpump jg normal,,mhon pencerahannya.

    BalasHapus
  15. mohon bantuannya mobil saya avanza 2009 lampu cek engine sama lampu accu mati gan???dan mabil tidak mau hidup

    BalasHapus
  16. Indikator check enggine captiva bensin 2.4 menyala, namun tenaga mobil terasa normal dan ketika start sekali saja langsung hidup. Coba di reset normal selama 1 minggu, setelah itu nyala lagi. Mohon pencerahannya om. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa nya terjadi di captiva bensin 2.4 Facelift . kerusakan pada sensor intake jika di scan kode error P0010.

      Hapus
  17. Mohon masukan nya bos..mobil sya pertama di stater nyala,begitu sya matikan trus sya hidup kan lg lampu indikator nya lama mati ada 5 menit sampai 10 menit 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  18. Lampu engine saya hidup pada posisi on,tp ngk busa hidup pas di star,apakah ecu saya rusak?

    BalasHapus
  19. Permisi om mau tanya mobil extrail 2004.kunci kontak on lampu indikator engine tidak menyalah.di stater tidak mau hidup sikring ga ada yg putus apakah itu ecuya

    BalasHapus
  20. Mobil saya Vios ex taxi gen 1lampu check engine GK nyala mesin hidup normal...tarikan juga oke..ECU udah aku bongkarsaya cek resistor transistor oke..saya pingin wirinng diagram dari ECU ke spidometer.ini mungkin main negatif.,.cuma saya GK tau warna kabel dan kaki pin berapa di ECU yg memberikan sinyal ke INS(spidometer)mohon bantuan para master..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami masalah yg sama pak,sudah ketemu penyakit nya pak ?
      Mohon pencerahan nya ?

      Hapus
  21. Mobil saya honda chity z thn 2000 chek engine mati posisi on dan posisi mesin hidup,apa penyebab nya? apa itu gejala ecu rusak???mohon pencerahan nya bos

    BalasHapus