Engine Control Unit (ECU)

ECU disini merupakan singkatan dari Engine Control Unit, bukan Electronic Control Unit(engine CU adalah salah satu jenis Electronic CU, bisa membedakan?). ECU sendiri mempunyai beberapa nama lainnnya, misalnya PCM(Powertrain Control Unit) dan ECM(Engine Control Unit). ECU inilah yang merupakan OTAK dari sistem EFI, kalau ECU ini mati/rusak, bisa dipastikan bahwa proses pembakaran akan mati pula. ECU akan membaca kondisi sensor yang ada, kemudian diolah dengan data yang telah disimpan, kemudian dikeluarkan keputusan untuk menggerakkan actuator (Injector, dan Igniter). Fungsi kerja utama ECU adalah:
  1. Mengatur campuran bensin dan udara pada masing-masing ruang pembakaran
  2. Mengatur waktu pengapian(ignition) pada masing-masing ruang pembakaran
  3. Mengontrol idle speed
ECU sendiri merupakan embedded system yang terdiri dari mikrokontroler dan rangkaian elektronis lainnya, yang didalamnya terdapat program dan memori mengenai perlakuan terhadap mesin pada kondisi-kondisi yang berbeda-beda. Misalnya kondisi dihidupkan dalam keadaan mesin dingin, kondisi massa udara yang tinggi, kondisi kecepatan rpm tinggi dan lainnya. Pabrikan tentu saja telah memberikan setingan awal yang sesuai dengan kebutuhan konsumen pada umumnya(standar). Jika mau merubah setingan pabrikan tersebut tentu saja dengan resiko yang bermacam-macam, misalnya pemakaian bensin menjadi boros, kemudian temperature mesin lebih panas, dan lainnya. Jadi jika hanya digunakan untuk jalan sehari-hari dengan pemakaian normal, maka tidak perlu mengutak-atik ECU, namun jika untuk keperluan racing, rally, maka wajib diotak-atik jika mau menang.

5 komentar untuk "Engine Control Unit (ECU)"

  1. ECU = Electronic Control Unit
    ECM = Engine Control Module
    PCM = Powertrain Control Module

    BalasHapus
  2. Mau nanya klo tuker tambah ecu lancer ck4 brapa? Sama klo bnerin ecu brapa? Rpmnya naek turun trus idle upnya ga pungsi klo manasin pagi ga ada langsam pdhl idle upnya dah ganti

    BalasHapus
  3. Punya ecu mazda lantis 96?
    Kontak ku 083838642677

    BalasHapus
  4. Bos,ad info ecu baleno 1.6 tw

    BalasHapus