Electronic Control Unit (ECU)

Saat ini dalam dunia otomotif, peran kontrol elektronik sudah tidak bisa dilepaskan lagi, mulai mengontrol kinerja mesin hingga mengontrol fungsi pernak-pernik assesoris lainnya. Modul pengontrol elektronik ini bisa berdiri sendiri ataupun saling berhubungan satu sama lain sehingga membentuk suatu sistem dan subsistem. ECU ini juga biasa disebut dengan sebagai Electronic Control Module(ECM), Central Control Module (CCM), Control Unit, dan Control Module. Semakin cerdas kendaraan, semakin rumit juga sistem ECU-nya.
Beberapa contoh modul ECU:
  1. Airbag Control Unit (ACU)
  2. Body Control Module, (Door control Unit, Power window)
  3. Convenience Control Unit (CCU)
  4. Engine Control Unit (ECU) (cat:bedakan dengan Electronic Control Unit yang merupakan istilah umum dari control modul)
  5. Man Machine Interface (MMI) atau Human Machine Interface (HMI)
  6. Powertrain Control Module(PCM), yang merupakan gabungan dari fungsi Electronic Control Module (ECU) dengan Transmission Control Unit.
  7. Seat Control Unit
  8. Speed Control Unit
  9. Panel Instrument (Speedometer, tachometer)
  10. Telephone Control Unit (TCU)
  11. Transmission Control Unit(TCU)

Kendaraan modern menggunakan berbagai Electronic Control Unit untuk meningkatkan efisiensi, serta ketepatan pengontrolan, namun kerusakan yang sepele bisa membuat sistem tersebut malfungsi yang bisa berakibat kendaraan macet total. Kendaraan dengan kecerdasan seperti itu harus mendapatkan perawatan(maintenance) yang lebih ekstra, orang yang tidak siap dengan kendaraan cerdas ini akan menilai kendaraan ini mempunyai biaya perawatan yang tinggi,ribet, kalo rusak mesti parah, dan lainnya. Padahal hal itu sudah dibayar dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Bagaimana dengan anda?

Posting Komentar untuk "Electronic Control Unit (ECU)"